Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Film Kuasa Gelap: Film Exorcism Pertama di Indonesia!

Layar.id – Film Kuasa Gelap akan tayang mulai tanggal 3 Oktober 2024 di seluruh bioskop Indonesia! Film ini membawa tema horror yang baru dan segar, yaitu eksorsisme. By the way, film ini adalah film bertema eksorsisme pertama di Indonesia, lho. Wow!

Tanggal 25 Oktober 2024, press conference dan screening serta gala premiere Kuasa Gelap digelar di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta. Jajaran Cast, Producers dan Crews film ini tampak hadir menyapa penonton dan rekan media yang hadir malam itu. Mulai dari Jerome Kurnia, Lukman Sardi, dan Lea Ciarachel yang menggandeng 3 peran utama. Astrid Tiar, Freya JKT48, Erdin Werdayana, dan Delia Husein turut hadir dalam jajaran cast pada press conference tersebut.

Sebelum kita bahas soal cerita di balik layar dan pengalaman seru dari para cast, berikut jabaran singkat mengenai plot film Kuasa Gelap!

Plot Cerita Film Kuasa Gelap

Film Kuasa Gelap membawa Jerome Kurnia sebagai pemeran utama yang akan menghadapi ujian iman melalui karakter Romo Thomas. Dalam film ini, Jerome menghadapi tantangan besar sebagai seorang Romo yang bertugas melakukan ritual eksorsisme. Ritual ini perlu dilakukan untuk menyelamatkan seorang remaja dari cengkeraman kekuatan jahat.

Kuasa Gelap mengisahkan tentang Romo Rendra (Lukman Sardi) dan Romo Thomas (Jerome Kurnia) yang harus menjalankan ritual eksorsisme terhadap seorang gadis bernama Kayla (Lea Ciarachel). Komplikasi antara hubungan Kayla dan orangtua serta Romo Thomas yang belum bisa berdamai dengan masa lalunya lantas membuat ritual eksorsisme sulit terselesaikan. Suasana kerap berubah menjadi tegang dan mencekam.

Apakah Romo Thomas dan Romo Rendra berhasil menyelamatkan Kayla?

Terinspirasi Dari Kisah Nyata?

Kuasa Gelap menghadirkan kisah nyata tentang berbagai kasus eksorsisme di Indonesia yang dikemas menjadi satu film, tentunya dengan pendekatan yang realistis. Pasalnya, kisah yang teradaptasi sebagai plot dari Kuasa Gelap adalah kisah-kisah dari kasus yang nyata.

“Untuk kasusnya, pastinya kami gak bisa cerita karena dalam perlindungan (rahasia) dari Gereja. Tetapi untuk karakter Kayla dan orangtuanya itu, beneran ada,” begitu ucap produser Robert Ronny dalam press conference film Kuasa Gelap di XXI Epicentrum, 25 Oktober 2024.

Robert Ronny turut membagikan kisah unik lainnya. Ide cerita Kuasa Gelap sebenarnya sudah ada sejak tahun 2018. Penulis pertama script Kuasa Gelap rupanya kerap “diganggu” mulai pukul 3 pagi selama berbulan-bulan masa penulisan cerita. Hal ini membuat sang penulis mundur dan meminta Robert untuk melanjutkan scriptnya.

“Setelah dia (scriptwriter) bilang nggak kuat, akhirnya saya yang lanjutin script-nya,” kata Robert.

Robert sendiri juga menceritakan tentang doa-doa yang digunakan dalam script. Sebelum syuting, ada Romo yang datang ke lokasi untuk memberikan doa penangkal, mengingat doa-doa yang tercantum dalam cerita adalah doa-doa asli dalam Alkitab. Namun, khusus untuk nama-nama iblis, tim produksi mengubah namanya menjadi nama-nama yang fiksi.

“Ya, kalau beneran kepanggil kan, kami juga yang repot!” tukas sang produser sambil tertawa ringan.

Film Kuasa Gelap hadir dengan sentuhan yang baru. Sebagai film horor eksorsisme pertama di Indonesia, title yang diangkat oleh Kuasa Gelap menjadikannya sebagai film yang menarik dan fresh untuk ditonton. Ide cerita dari tahun 2018 berhasil dikembangkan dengan riset-riset yang mendalam dan tentunya berbagai perizinan yang sulit.

Tim produksi Kuasa Gelap mengaku bahwa meminta izin untuk membuat film bertema eksorsisme tidak mudah. Untungnya, karena tenggat waktu yang cukup lama, segala proses produksi dan perizinan serta riset hingga workshop dapat terlaksana dengan baik.

Cast & Crews Kuasa Gelap: Ikut Menyaksikan Ritual Secara Langsung!

Saking totalitasnya, tim produksi Kuasa Gelap membawa para aktornya ikut dalam berbagai workshop sebagai bentuk pendalaman materi. Mengingat film ini megambil sudut pandang agama dan ceritanya adalah gabungan dari berbagai kasus nyata, riset bersama profesional tentunya perlu dilakukan, dong.

Salah satu bentuk “pendalaman materi” yang unik berasal dari cerita Jerome Kurnia dan Lukman Sardi. Keduanya bercerita bahwa mereka sempat ikut menyaksikan ritual eksorsisme bersama gereja. “Kami sempat ikut berbagai workshop praktik exorcism, sampai waktu itu dapet tawaran dari Romo untuk menyaksikan langsung. Ya, tentunya supaya lebih otentik,” jelas Jerome Kurnia di konferensi pers.

Lea Ciarachel sebagai pendatang baru, tampak paling antusias menyambut film pertamanya. “Ini film yang berkesan banget buat aku, karena ini film pertamaku. Jadi kalau ditanya, film pertama aku apa? Aku akan jawab film Kuasa Gelap, sekaligus film eksorsisme pertama di Indonesia,” ucap Lea dengan riang. “Kuasa Gelap has a special place in my heart,” tutup sang aktris.

Selain Lea yang berperan sebagai Kayla, penyanyi Freya dari grup JKT48 turut melakukan debut film layar lebarnya di Kuasa Gelap. Freya juga menyatakan kesyukurannya dalam bergabung di projek ini. “Banyak temen-temen di JKT48 yang udah debut di layar lebar, aku seneng bisa ikut masuk ke dalam jajaran tersebut (debut layar lebar),” kata Freya sambil tersenyum.

Belajar Bahasa Latin?

Satu lagi momen unik yang terjadi di balik layar Kuasa Gelap. Hampir seluruh cast utama diharuskan untuk belajar bahasa Latin! Terkhususnya para Romo dan Kayla. Jerome Kurnia, Lukman Sardi, dan Lea Ciarachel bahkan menyebutkan belajar bahasa Latin adalah tantangan paling sulit dalam proyek film ini.

“Menurut saya kesulitan terbesar itu ya belajar bahasa Latin,” ucap Lukman yang berperan sebagai Romo Rendra. Peran Lukman sebagai Romo yang melakukan eksorsisme tentunya lekat dengan doa-doa dalam Latin.

“Kami belajar via voice note selama 2 minggu, jadi bisa latihan pelafalannya juga,” tambah Lea. Uniknya, Lea sempat unjuk kebolehan untuk mencontohkan salah satu dialog bahasa Latinnya.

Jerome Kurnia menyatakan, melalui karakter Romo Thomas, ia banyak mendapat tantangan dan perspektif yang baru sebagai individu maupun aktor. “Melalui karakter Romo Thomas, saya belajar banyak tentang ritual eksorsisme, dari doa hingga urutannya, serta betapa terstrukturnya Gereja Katolik. Ini memberi saya sudut pandang baru tentang kekuatan iman dalam menghadapi ancaman luar biasa,” kata Jerome.

Jadwal Tayang Kuasa Gelap

Gimana? Penasaran kan, sama film baru yang satu ini?

Film Kuasa Gelap akan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 3 Oktober 2024. Cast & crews Kuasa Gelap telah melangsungkan Gala Premiere-nya di Epicentrum XXI tanggal 25 September 2024. Film ini merupakan garapan produser Robert Ronny dengan Andi Boediman sebagai produser eksekutif, serta ko-produwer Pandu Birantoro dan Arvin Sutedja.

Bersama sutradara Bobby Prasetyo, Kuasa Gelap membawa tema yang fresh mengenai pengusiran dari sudut pandang agama Katolik, yang membuatnya menjadi film bertema eksorsisme pertama di Indonesia. Dengan kehadiran Jerome Kurnia, Lukman Sardi, dan Lea Ciarachel, penonton akan menyaksikan kisah horor yang tidak hanya menakutkan, tetapi memberikan kedalaman emosional dan perspektif baru di dunia perfilman horor Indonesia.

Grab your tickets, now!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga